Berita Terkait
Ternate (Antara Maluku) - Sejumlah partai politik di Maluku Utara (Malut) mulai menjaring calon gubernur, baik dari kader parpol maupun masyarakat umum yang akan diusung pada Pemilu kepala daerah gubernur-wakil gubernur setempat pada 2013.

Ketua Verifikasi Penjaringan Calon Gubernur DPD I PDIP Malut  Agil Bopeng mengatakan di Ternate, Sabtu, partainya membuka penjaringan calon gubernur yang akan diusung partai berlambang kepala banteng moncong putih itu sampai 14 Februari 2012.

Ia menjelaskan, sampai saat ini sudah enam calon gubernur yang mendaftar di PDIP Malut, di antaranya Ketua PDIP Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) yang juga Bupati Halbar Namto Hui Roba dan Dr Jainal Soleman, Kepala Dinas Pendidikan Nasional DKI Jakarta.

Selain itu, kata Agil Bopeng, Ahmad Hatari, seorang tokoh asal Kota Tidore Kepulauan yang kini menjadi pejabat teras di Provinsi Papua dan Yamin Tawari, seorang tokoh masyarakat Malut yang juga fungsionaris DPP Partai Golkar.

Semua calon gubernur yang mendaftar di PDIP Malut tersebut selanjutnya akan diverifikasi, dan setelah itu akan diteruskan ke DPP PDIP untuk kembali diverivikasi dan kemudian akan dilakukan survey untuk mencari figur yang banyak didukung masyarakat Malut.

"Jadi calon gubernur yang akan diusung PDIP pada Pilkada Malut tahun 2013 didasarkan pada hasil survey. Siapa pun yang meraih dukungan terbanyak dari suvey itu dialah yang ditetapkan menjadi calon tanpa melihat yang bersangkutan kader partai atau dari luar," katanya.

PDIP merupakan salah satu parpol peraih suara terbanyak pada Pemilu legislatif 2009 di Malut.

Oleh karena itu, kata dia, cukup beralasan kalau ke enam tokoh tersebut memilih parpol ini sebagai kendaraan politiknya untuk ambil bagian pada Pilkada Malut tahun 2013.

Partai besar lainnya di Malut yakni Partai Golkar sejak awal telah merekomendasikan Ketua DPD I Partai Golkar Malut yang juga Bupati Kepulauan Sula yakni Ahmad Hidayat Mus sebagai calon gubernur  partai itu.

Sedangkan Partai Demokrat yang juga merupakan parpol besar di Malut sejauh ini belum menentukan figur yang akan diusung pada pilkada Malut nanti, karena masih menunggu selesainya pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) DPD I Partai Demokrat Malut.

Namun sejumlah pengurus di DPD I Partai Demokrat Malut sejak awal telah mewacanakan Suryati Armaiyn, istri Gubernur Malut yang juga ketua DPD I Partai Demokrat Malut, Thaib Armayin sebagai calon gubernur yang akan diusung parpol itu pada Pilkada Malut.

Editor: John Nikita
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar