Ternate(Antara Maluku) - Objek wisata Pantai Guraici di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, kian diminati wisatawan terbukti dari semakin banyaknya wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke objek wisata itu.

"Keindahan pasir putih di objek wisata Pantai Guraici tampaknya menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke sana," kata Wakil Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba di Ternate, Kamis.

Keindahan panorama bawah laut di perairan sekitar objek wisata Pantai Guraici juga merupakan daya tarik utama bagi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata itu terutama pada bulan Maret sampai Oktober, karena pada saat itu kondisi perairan di sana sangat teduh.

Ia mengatakan, Pemprov Malut dan berbagai instansi pemerintah lainnya dan suasta di Malut, juga mulai menjadikan objek wisata Pantai Guraici tersebut sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan, seperti seminar dan rapat.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Ternate misalnya pada Februari 2013 mengelar seminar internasional di objek wisata Pantai Guraici, begitu pula KONI Malut mengelar rapat kerja daerah di sana.

"Semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke objek Pantai Guraici, termasuk instansi pemerintah dan suasta yang mengelar kegiatan di sana diharapkan akan memberikan kontribusi pendapatan bagi masyarakat setempat," katanya.

Oleh karena itu, masyarakat di sekitar objek wisata Pantai Guraici harus menjaga kelestarian di objek wisata itu, terutama kelestarian terumbu karang yang ada disekitarnya. Mereka jangan lagi menangkap ikan menggunakan bom atau zat kimia karena hal itu bisa merusak terumbu karang.

Wagub juga mengharapkan ada pengusaha yang berminat membantu untuk mengembangkan objek wisata Pantai Guraici tersebut, karena pemda setempat memiliki keterbatasan dana untuk mengembangkannya sendiri.

Objek wisata Pantai Guraici dapat ditempuh dua jam lebih dengan speed boat dari Ternate. Di sana sudah ada sejumlah rumah peristrahatan yang dibangun pemda untuk tempat penginapan para pengunjung.

Editor: John Nikita
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar