Organisasi Buruh Dunia (ILO) menggelar pelatihan perhotelan kepada 60 pemuda-pemudi di Kota Ambon selama tiga bulan, untuk mendukung kegiatan pelayaran internasional Sail banda di Maluku.

"Pelatihan perhotelan itu merupakan kerjasama ILO Perwakilan Maluku dengan enam hotel berbintang di Kota Ambon yakni Aston, Swill Bell, Amans, Manise, Amaris dan Mutiara. Acara pembukaan dan sekaligus juga peresmian dilakukan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Maluku, Jeri Uweubun, kemarin (Senin, 26/7)," kata Koordinator Program Provinsi Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan (education and skill training - EAST) ILO Maluku, Lucky Lumingkewas di Ambon, Selasa.

Ia mengungkapkan, berdasarkan pengamatan ILO dan masukan dari pengelola hotel-hotel berbintang di Maluku, tenaga kerja terlatih di bidang perhotelan di daerah ini sangat sedikit.

"Kenyataan itu mendorong kami untuk menyelenggarakan pelatihan ini. Tentu kami berharap pelatihan yang sifatnya teori dan magang di enam hotel tersebut dapat melahirkan tenaga perhotelan yang terampil, mengingat mereka dilatih menggunakan silabus standar yang mengacu pada Standar Kerja Nasional Indonesia (SKTI),"  katanya.

Disinggung kegiatan tersebut terkesan terlambat dilaksanakan mengingat saat ini Sail Banda sudah berlangsung dan para tamu mancanegara mulai berdatangan, Lumingkewas menyatakan pelatihan itu merupakan kontribusi yang dapat diberikan ILO di tengah kesempatan yang sedikit.

"Kita tahu industri perhotelan di Maluku ini baru tumbuh seiring adanya Sail Banda. Kendati agak terlambat, tetapi para peserta latihan sudah dipekerjakan di hotel-hotel terkait. Ini kan kontribusi juga namanya," katanya.

Editor:
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar