Jumat, 18 Agustus 2017

Kodam Gelar Pattimura Aquathlon 2017 di Saparua

id Pattimura, Aquathlon
Kodam Gelar Pattimura Aquathlon 2017 di Saparua
Para peserta Pattimura Aquathlon 2017 di Saparua, Maluku Tengah bersiap melakukan start di Pantai Waisisil, Saparua, Sabtu (15/7) (Pendam 16)
Saparua, 15/7 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan Polda Maluku dan Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Pattimura Aquathlon 2017 dalam rangka HUT RI ke-72 dan peringatan 200 tahun Kapitan Pattimura, di Pulau Saparua, Maluku Tengah, Sabtu.

Lomba renang dan lari yang dipusatkan di Kawasan Benteng Duurstede itu selain merupakan penghargaan terhadap pahlawan nasional Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura, juga perjuangan seluruh elemen bangsa dalam membebaskan diri dari penjajahan, menjaga dan memelihara perdamaian, serta membantu menggerakkan roda perekonomian di Maluku, khususnya Saparua.

Peserta lomba mencapai 517 orang, terdiri dari 413 Orang TNI/Polri, 17 orang Atlet Nasional, 82 orang masyarakat sipil, dan lima orang warga negara asing.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo saat membuka lomba menyatakan rasa bangganya kepada semua peserta dan masyarakat Pulau Saparua.

"Saya bangga karena animo peserta lomba sangat tinggi mencapai 517 peserta baik oleh atlet daerah maupun nasional, kalangan TNI/Polri maupun masyarakat umum baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri. Saya juga bangga karena masyarakat Saparua menyambut kegiatan ini dengan sangat meriah," katanya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Polda Maluku dan Pemerintah Provinsi Maluku, juga semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik," katanya.

Pangdam juga berharap kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai ajang untuk mempererat rasa kebersamaan, kekompakan dan komunikasi serta adanya jalinan keakraban antarpeserta lomba maupun masyarakat di Saparua dan Maluku secara umum.

Pattimura Aquathlon 2017 memperebutkan total hadiah Rp173.500.000, yang disediakan bagi para pemenang lomba yang terdiri dari tujuh katagori, yaitu Short Pro, Long Pro, Short Open, Long Open, Short Relay Open, Long Relay Open, dan kategori peserta berusia 50 tahun atau lebih.

Adapun hasil lomba adalah sebagai berikut:

Kategori Long Pro putra, Juara 1 diraih Andi Wibiwo dari Bali, Juara 2 M Taufik (Bandung), Juara 3 Adi Jukardi (Bogor).

Kategori Long Pro putri, Juara 1 diraih Eva Desiana (Pariaman), Juara 2 Inge Prasetyo.

Kategori Short Pro, Juara 1 diraih Seta Idiapratma, Juara 2 Fauzi Fannyla.

Kategori Short Open, Juara 1 diraih Niko Leuwol, Juara 2 Yusri, Juara 3 Masyudi Zakariya.

Kategori Long Open, Juara 1 diraih La Ode Amlia Moga (Kodam XIV/Hasanuddin).

Kategori Usia 50 Tahun Ke Atas, Juara 1 diraih Kapten Inf J. Tahalea, Juara 2 Arif Rahman Arifin, Juara 3 Kolonel Inf Enoh S (Kajasdam XVI/Pattimura).

Tahun lalu, Kodam XVI/Pattimura juga menggelar lomba serupa, yakni Lomba Triathlon di Nusa Laut, dan Lomba Aquathlon di Salahutu.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga