Jumat, 18 Agustus 2017

Danrem Binaiya: Aquathlon Akan Diselenggarakan di Tual

id Aquathlon
Danrem Binaiya: Aquathlon Akan Diselenggarakan di Tual
Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian K. Tehuteru di event Pattimura Aquathlon 2017 di Saparua, Maluku Tengah, Sabtu (15/7) (Pendam 16)
Saparua, 15/7 (Antara Maluku) - Komandan Korem 151/Binaiya, Kolonel Inf. Christian K. Tehuteru menyatakan lomba renang dan lari Aquathlon tahun ini tidak hanya diselenggarakan di Pulau Saparau, Maluku Tengah, tetapi juga akan digelar di Kota Tual, Maluku Tenggara.

"Rencananya bulan Oktober 2017, dipadukan dengan Festival Meti Kei, atau surut terpanjang air laut, yang merupakan salah satu pesona wisata unggulan di daerah itu," katanya, usai penyelenggaraan Pattimura Aquathlon 2017 di Saparua, Sabtu.

Menurut Danrem, kegiatan di Pulau Saparua diselenggarakan dalam rangka memperingati 200 Tahun Perjuangan Kapitan Pattimura dan menyambut HUT RI 17 Agustus 2017.

Selain itu, juga untuk mempromosikan potensi-potensi pariwisata di pulau tersebut, di antaranya Benteng Duurstede peninggalan Belanda yang menjadi tempat awal perjuangan pahlawan nasional Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura bersama kawan-kawan.

"Aquathlon Saparua merupakan event ke tiga yang dilaksanakan oleh Kodam XVI/Pattimura, setelah Triathlon Nusalaut dan Aquathlon Salahutu.

Pattimura Aquathlon 2017 diikuti 517 peserta yang berasal dari TNI dan Polri, instansi pemerintah maupun swasta, masyarakat Saparua, selain sejumlah atlet nasional dan internasional dari Prancis, Amerika Serikat, New Zealand, Portugis, dan Belanda.

Peserta yang hadir sejak H-1 (Jumat, 14/7) sangat antusias menikmati keindahan alam Saparua dan kunjungan ke Benteng Duurstede dan Museum Perjuangan Pattimura.

"Masyarakat Saparua pun menyambut gembira kehadiran para peserta, karena mendapat pemasukan dari usaha tempat makan, warung atau kedai minum, sewa rumah sebagai tempat penginapan dan kendaraan," katanya.

Pada Jumat malam, Panitia Pattimura Aquathlon 2017 juga menggelar pesta rakyat berupa pertunjukan musik yang menampilkan artis lokal dan Glenn Fredly, untuk menghibur para peserta dan masyarakat di pulau tersebut.

Danrem Christian menambahkan, terselenggaranya Pattimura Aquathlon 2017 juga menunjukkan stabilitas keamanan di wilayah Kodam XVI/Pattimura semakin kondusif, dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan untuk peningkatan kesejahteraan di daerah ini.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga