Jumat, 20 Oktober 2017

ASN Aksi Bersih Lima Sungai di Ambon

id ASN, Ambon
ASN Aksi Bersih Lima Sungai di Ambon
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy melakukan salam komando dengan seorang warga dalam kegiatan membersihkan lima sungai di ibu kota provinsi Maluku tersebut, Jumat (4/8) (humas kota ambon)
Ambon, 4/8 (Antara Maluku) - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Ambon, TNI/Polri dan warga, Jumat, melakukan aksi bersih lima sungai di daerah ini.

Aksi bersih di Wai Ruhu, Wai Batu Merah, Waitomu, Wai Batu Gajah dan Batu Gantung menandai pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Ambon ke - 442 pada 7 September 2017.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, mengatakan, para ASN bersama warga kota turun ke sungai untuk membersihkan sampah, mulai dari hulu (kepala sungai) hingga hilir agar Teluk dalam Ambon bebas dari sampah.

Pencanangan HUT kota Ambon di kawasan Jembatan Merah Putih (JMP) itu sekaligus upaya untuk menghidupkan kembali program Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan (Jumpa Berlian)

Richard menyatakan, aksi bersih sungai dan lingkungan merupakan komitmen bersama pemerintah dan masyarakat Ambon untuk menjaga lingkungan.

"Kita patut bersyukur karena enam tahun berturut-turut mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan diberi penghargaan adipura," ujarnya.

Penghargaan yang diterima kota Ambon pada 2017 dari 546 kabupaten/kota di Indonesia.

Ambon termasuk 116 kota/kabupaten yang menerima penghargaan tropi Adipura. Begitu pula, SMAN 4 Ambon yang menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri.

"Penghargaan yang diterima ini hanya bonus dari pemerintah pusat karena terpenting adalah bagaimana mempertahankan prestasi yang telah diraih selama," kata Richard.

Ia berharap, aksi bersih sungai dan lingkungan yang dilakukan saat ini menjadi gerakan berkelanjutan dengan penuh kesadaran oleh seluruh warga kota Ambon.

"Warga Kota Ambon marilah secara bersama membersihkan dan menjaga lingkungan dengan tertib membuang sampah serta membersihkan lingkungan untuk membangun dan membenahi kota ke arah yang lebih baik," tandasnya.

Aksi bersih sungai dan lingkungan juga dihadiri Ketua DPRD Kota Ambon, James Maatita dan anggota DPRD kota Ambon, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Ambon, AKBP Sucahyo Hadi dan Dandim 1504, Letkol Inf Roynald Sumendap.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga