Senin, 23 Oktober 2017

Pemkab Siapkan 150 Unit Rumah Warga Miskin

id Miskin
Ternate, 10/8 (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan 150 unit rumah untuk diprioritaskan kepada masyarakat miskin di kawasan Wasile dalam tahun 2018.

"Proyek di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupa 150 unit rumah khusus warga miskin, yang akan tersebar di Desa Dakaino Kecamatan Wasile Timur sebanyak 50 unit, Bumi Restu Kecamatan Wasile sebanyak 50 unit dan Maba, serta rumah susun sewa (Rusunawa) tiga lantai yang juga di Buli Kecamatan Maba," kata Bupati Haltim, Rudi Erawan di Ternate, Kamis.

Dia mengatakan, pihaknya saat ini telah menginventarisasi warga miskin yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan rumah tersebut.

Menurut dia, dalam menyiapkan 150 unit rumah itu, Pemkab Haltim sendiri telah menyiapkan pembangunan jalan sepanjang 170 kilometer yang dialokasikan melalui APBN untuk menjangkau daerah yang masih terisolir untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Bupati berharap dengan peralihan status jalan sepanjang 170 km ke pemerintah pusat ini, secepatnya bisa membuka akses masyarakat yang ada di empat kecamatan tersebut, lebih khusus lagi warga yang ada di Kecamatan Maba Utara dan Kecamatan Wasile Utara.

"Dengan dibukanya akses jalan ini bisa memudahkan masyarakat, karena pembangunan jalan di Utara-utara ini segera terealisasi karena dengan sendirinya perekonomian masyarakat di daerah tersebut bisa maju demi tercapainya masyrakat sejahtera," ujarnya.

Sebab, jalan sepanjang 170 km yang menghubungkan Kecamatan Wasile Tengah dengan Wasile Utara serta Kecamatan Maba Maba dengan Maba Utara di 2018 nanti, akan dialihkan status menjadi jalan Nasional.

"Artinya, jalan sepanjang 170 km ini akan dibangun pemerintah sekaligus peralihan status jalan dari daerah ke Nasional ini dengan tujuan mempercepat program pembangunan di Haltim, terutama akses jalan yang selama ini didambakan oleh masyarakat.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga