Jumat, 18 Agustus 2017

Kodim Masohi Tingkatkan Kemampuan Keterampilan Babinsa

id Masohi
Kodim Masohi Tingkatkan Kemampuan Keterampilan Babinsa
Para Bintara pembina desa (Babinsa) dari barbagai Koramil jajaran Kodim Masohi, Maluku Tengah belajar membuat minyak kelapa (Penrem 151/Binaiya)
Ambon, 11/8 (Antara Maluku) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi, Maluku Tengah menyelenggarakan kegiatan peningkatan kemampuan dan keterampilan di segala bidang bagi para Babinsa (Bintara pembina desa) di daerah tersebut.

Siaran pers Penerangan Korem 151/Binaiya yang diterima Antara di Ambon, Jumat menyebutkan, Babinsa sebagai aparat kewilayahan mempunyai tugas dan tanggung jawab menjaga stabilitas keamanan, dan harus menjadi contoh di lingkungan masyarakat terutama di desa binaannya.

Kegiatan peningkatan kemampuan dan keterampilan para Babinsa tersebut digelar selama empat hari, 7-10 Agustus 2017, bertempat di Aula Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXV Kodim 1502/Masohi.

Acara tersebut diikuti oleh 50 Babinsa dari berbagai Koramil dan dibuka oleh Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Ahcmad Fikri Dalimunthe.

Tema yang diusung adalah meningkatkan kemampuan aparat Komando Kewilayahan dengan pengetahuan dan keterampilan aplikatif sehingga mampu beradaptasi terhadap kondisi lingkungan dalam rangka penyiapan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan ilmu baru seperti cara membuat rotan, sikap teritorial, cara membuat Roma (Ramuan obat tanaman), pencegahan terorisme lewat prinsip "temu cepat lapor cepat" dan dan deteksi dini.

Ilmu lainnya, cara berternak sapi dan kambing, cara pembuatan minyak kelapa, materi Hidroponik, cara membuat gula semut, materi membuat Trichoderma, materi pengumpulan data teritorial, materi pembuatan pupuk organik dan BUMDes (Badan usaha milik Desa).

Pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam kegiatan itu memberikan metode dan praktik.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga