Jumat, 18 Agustus 2017

Kodam Pattimura, Pemkot Ambon Bersihkan Pantai Poka

id Kodam, Pattimura
Kodam Pattimura, Pemkot Ambon Bersihkan Pantai Poka
Personel TNI/Polri bersama ASN Kota Ambon serta para pencinta lingkungan membersihkan sampah di pesisir pantai Desa Poka, Teluk Dalam Ambon. (Pendam-16)
Ambon, 11/8 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan Pemerintah Kota Ambon dan komunitas pencinta lingkungan membersihkan laut di sepanjang pesisir pantai depan Perusahaan Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Desa Poka, Teluk Dalam Ambon.

Siaran pers yang diterima Antara, Jumat, menyebutkan, kegiatan itu dilakukan dalam rangka menunjang program serbuan teritorial TNI Angkatan Darat, dipimpin Asisten Teritorial Kasdam XVI/Pattimura Kolonel MInf Ali Aminudin.

Selain menunjang program serbuan teritorial, kegiatan itu juga sejalan dengan program Emas Biru dan Emas Hijau yang digagas Pangdam Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo.

Selain anggota TNI AD, aksi membersihkan laut Teluk Ambon itu juga melibatkan PNS Pemerintah Kota Ambon, masyarakat Desa Poka, dan komunitas pecinta lingkungan seperti Molucass Costa Care, Green Moluccas, dan sejumlah warga negara asing (WNA) yang sedang tugas belajar di Indonesia.

Para WNA itu berasal dari Australia, Rusia, Vietnam, dan Laos.

Selain membersihkan sampah dari pesisir pantai Desa Poka, juga dilakukan pemasangan jaring penahan sampah sepanjang 250 meter. Tujuannya untuk mencegah sampah-sampah masuk ke dalam ekosistem mangrove di pantai sebelah utara Desa Poka.

Jaring penahan sampah yang dipasang merupakan bantuan dari Kodam XVI/Pattimura, yang diserahkan oleh Kolonel Ali Aminudin dan diterima oleh Camat Teluk Dalam Ambon, kemudian diserahkan kepada Komunitas Molucass Costa Care.

Selanjutnya, dilakukan penanaman 750 bibit pohon mangrove oleh anggota TNI bersama komunitas pencinta lingkungan sebagai tindakan nyata melakukan reboisasi (penghijauan).

Dari kegiatan pembersihan pantai tersebut, sebanyak 15 truk sampah diangkut dan dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah di Kota Ambon.

"Mangrove selain habitat beberapa jenis satwa dan ikan, juga sebagai penahan abrasi air laut. Karena itu, dengan ekosistem mangrove yang bersih dan hijau, diharapkan banyak ikan hidup di dalamnya," kata Kolonel Ali Aminudin.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga