Jumat, 22 September 2017

Wali Kota Ajak Warga Benahi Kota Ambon

id Ambon
Ambon, 7/9 (Antara Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengajak seluruh warga kota untuk bersama menata dan membenahi Kota Ambon agar semakin lebih baik.

Ajakan membenahi Kota Ambon tertuang dalam titah Upulatu (pemimpin kota) yang dibacakan saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke-442 tahun 2017, Kamis.

Titah tertuang dalam empat ajakan kepada warga kota yakni mengajak segenap warga kota untuk membenahi kota Ambon sebagai kota yang bersih, hijau, aman dan nyaman, serta menciptakan kedamaian dan ketertiban.

"Kota ini harus dijadikan rumah yang memberikan kehidupan bagi warganya. Keragaman dan kebhinekaan yang ada juga hendaknya menjadi potensi dan kekuatan untuk membangun, dengan tetap menjadikan karakter hidup pela gandong sebagai landasan, karena kita semua adalah orang basudara (bersaudara)," katanya.

Selain itu, benahi karakter dan sikap sebagai warga yang baik, religius, ramah, dan murah senyum, melalui pelayanan kepada setiap tamu yang datang dengan tulus.

Hal lainnya yang juga harus dibenahi adalah terus eksiskan potensi seni, musik dan budaya, sebagai bentuk identitas dan jati diri sekaligus modal yang berharga, dalam menyambut dan mempersiapkan Ambon menuju kota musik dunia di tahun 2019 dan kota destinasi wisata tahun 2020.

"Terus dukung dan sukseskan semua agenda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, melalui program prioritas pemkot Ambon yakni Ambon yang aman, bersih, terang, sehat, cerdas, berbudaya dan sejahtera," katanya.

Upulatu juga mengajak seluruh warga kota untuk mendoakan warga Myanmar khususnya komunitas Rohingya, yang sementara mengalami masalah kemanusiaan akibat anarkisme dan tindakan tidak terpuji.

Melalui peringatan HUT tahun 2017 ini, lanjutnya, mari bersama mewujudkan Ambon sebagai rumah kita atau rumah untuk semua orang.

"Mari katong baku keku jang baku kuku, baku hala jang baku hela (mari saling membantu jangan saling menjatuhkan), untuk memajukan dan mensejahterakan kota Ambon yang lebih baik," kata Richard Louhenapessy.

Peringatan HUT kota Ambon ke 442 juga dilakukan penganugerahan adat dari Latupati kota Ambon kepada Wakil Wali Kota Ambon Syarief Hadler.

Gelar adat yang diberikan ini bersifat tetap dan berakhir pada akhir masa jabatan Wakil Wali Kota Ambon periode 2017-2022.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga