Jumat, 22 September 2017

Menpan Apresiasi Pameran Inovasi Kota Ambon

id Menpan, Ambon
Ambon, 7/9 (Antara Maluku) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengapresiasi pelaksanaan pameran inovasi kota Ambon, Maluku.

"Pameran inovasi kota Ambon ini sangat positif untuk kemajuan kota dan Provinsi Maluku, hal ini terjadi karena keinginan kuat dari Wali Kota dan Gubernur yang sangat besar," katanya saat meninjau pameran inovasi di Maluku City Mall Ambon, Kamis.

Menurut Menpan, kunci perubahan tergantung dari pemimpin. Jika pemimpin ingin berubah maka pasti akan terjadi perubahan yang besar.

"Saya berharap kota Ambon dapat menjadi contoh bagi kabupatan dan kota lainnya di Maluku dan khususnya kawasan di Indonesia timur, terutama dalam pengembangan inovasi pelayanan publik," ujarnya.

Dikatakannya, budaya kerja yang tertib merupakan upaya untuk meningkatkan dan mendorong perubahan itu datang. Dari perubahan tersebut akan ada inovasi dalam pelayanan.

"Jika tidak ada perubahan maka dipastikan inovasi berhenti, dari itu kita dorong terus agar tercipta inovasi yang dimulai dari pameran yang dilakukan Pemkot Ambon saat ini," katanya.

Ia mengakui, inovasi pelayanan publik tidak boleh disimpan tetapi disampaikan kepada masyarakat melalui pameran, agar mereka mengetahui model pelayanan publik yang baru.

"Saya yakin dengan perubahan inovasi pelayanan publik, suasaa kerja Aparatur Sipil Negara juga akan berubah. Saya berharap inovasi ini juga dibarengi dengan reformasi," tandasnya.

Berbagi upaya, katanya, dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik di segala bidang. Saat ini yang menjadi prioritas adalah pelayanan dasar yakni investasi dan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

Untuk melakukan perbaikan pelayanan publik perlu dilakukan perbaikan yang menyeluruh dari hulu hingga hilir. Di hulu dilakukan perbaikan birokrasi yang dikenal dengan reformasi birokrasi, sebagai perubahan yang menyeluruh dalam dan medasar, terhadap tatanan birokrasi baik aspek kelambagaan dan tata laksananya.

"Selain itu manajemen kinerja serta manajemen SDM aparatur, kedepan manajemen kinerja menjadi ciri khas dan karakter ASN untuk memperbaiki penyelengaraan pemerintahan," tandas Menpan.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga