Rabu, 18 Oktober 2017

Pemprov Maluku Gelar Lomba Sketsa Diseminasi HAM

id HAM, Sketsa
Pemprov Maluku Gelar Lomba Sketsa Diseminasi HAM
Lomba sketsa Hak Asasi Manusia (HAM) digelar di Kota Ambon, Minggu (8/10) (Penina Mayaut)
Ambon, 9/10 (Antara) - Pemeritah Provinsi Maluku melalui Biro Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menggelar festival seni lomba sketsa tentang HAM tingkat SMA dan sederajat di Kota Ambon.

Lomba sketsa dengan tema perlindungan HAM di dunia pendidikan ini diikuti 40 siswa SMA dan sederajat dari 10 sekolah di Kota Ambon digelar di pusat perbelanjaan Ambon City Center (ACC) Ambon, Minggu (8/10).

Staf Ahli Gubernur Maluku Halim Datis saat membuka lomba menyatakan, lomba sketsa yang dilaksanakan merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada para pelajar tentang HAM, melalui aktivitas seni.

"Kegiatan ini merupakan sarana menyalurkan bakat di bidang seni, sekaligus proses pembelajaran HAM melalui dunia pendidikan," katanya.

Ia menjelaskan, aksi nasional HAM merupakan salah satu syarat pembangunan yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah di bidang hukum.

Kebijakan pemerintah pusat, daerah dan lembaga untuk mewujudkan HAM melalui tugas dan fungsi setiap instansi terutama di bidang pendidikan.

"Pelajar juga perlu untuk mengetahui pentingnya HAM, kami berharap melalui kegiatan ini para pelajar dapat menuangkan ide dan gagasan tentang perlindungan HAM, sehingga ke depan dapat terlindung dari berbagai tindak kekerasan baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat," ujarnya pula.

Ketua panitia penyelenggara lomba sketsa itu RJ Engko menyatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk terwujud penghormatan, pemenuhan perlindungan, penegakan dan pemajuan HAM di Provinsi Maluku.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelajar tentang HAM melalui diseminasi atau penyebarluasan melalui kegiatan seni bertemakan HAM.

"Selain itu, juga menampung dan menyalurkan minat dan bakat seni pelajar khususnya dalam karya sketsa," katanya pula.

Sebelum pelaksaaan lomba, para peserta juga telah dibekali dengan materi oleh para narasumber, melalui sesi diskusi dan tanya jawab, dilanjutkan dengan lomba karya sketsa serta dilanjutkan dengan presentasi peserta dan penilaian lomba oleh tim juri.

Engko menambahkan, panitia mengapresiasi keikutsertaan para pelajar dalam lomba ini dengan memberikan sertifikat diseminasi HAM dari Pemprov Maluku, serta trofi dan uang pembinaan kepada peserta dengan peringkat satu hingga enam.

Panitia juga telah menetapkan juara lomba sketsa diseminasi HAM yakni juara I SMAN 1 Ambon, juara dua SMA Xaverius, SMA Siwalima juara III, dan juara IV diraih SMA Siwalima, juara V SMA Xaverius, dan juara VI SMA Siwalima Ambon.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga