Rabu, 18 Oktober 2017

BPJS-K Bantu Sarana Perpustakaan Desa Batumerah

id BPJS-K
BPJS-K Bantu Sarana Perpustakaan Desa Batumerah
Kepala BPJS-Ketenagakerjaan Kota Ambon, Tri Chandra Kartika memberi keterangan setelah memberikan bantuan fasilitas perpustaakaan Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu (11/10) (John Soplanit)
Ambon, 11/10 (Antara Maluku) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial-Ketenagakerjaan (BPJS-K) Kota Ambon membantu sarana perpustakaan Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, berupa satu unit komputer, meja komputer, meja baca, buku-buku bacaan, kursi perpustakaan, dan rak buku.

"Kami memberikan bantuan sarana perpustakaan sebagai bentuk apresiasi bagi pemerintah Desa Batumerah yang telah ditetapkan hari ini sebagai desa sadar BPJS-Ketenagakerjaan," kata Kepala BPJS-K Kota Ambon, Tri Candra Kartika di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan sarana-sarana tersebut merupakan wujud dukungan atas terpilihnya Batumerah sebagai desa pertama di Ambon yang ditetapkan sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sehubungan dengan itu, seluruh penduduk yang bekerja secara mandiri, non PNS, pekerja formal, dan seluruh badan usaha di desa itu sudah terdaftar dan dilindungi seluruh risiko akibat kerja dalam program BPJS-Ketenagakerjaan.

"Batumerah merupakan satu desa di Provinsi Maluku dengan jumlah penduduk sangat padat. Dengan populasi lebih dari 85.000 jiwa, penduduk berusia di atas 17 tahun di desa itu bekerja secara mandiri di berbagai sektor perdagangan, perikanan, pengelolaan, dan jasa lainnya," kata Tri.

Karena itu, lanjutnya, risiko kecelakaan kerja warga desa itu lebih tinggi, karena sangat tergantung dengan lingkungan alam sekitarnya.

Tri Candra mengatakan, hampir semua kasus kecelakaan warga desa akibat langsung atau tidak langsung dari hubungan kerja, seperti misal tersambar petir, jatuh dari pohon, jatuh dari tebing, tenggelam di sungai atau laut, terluka karena alat kerja kena angin kencang dan sebagainya.

Oleh karena itu, warga desa sangat memerlukan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk mengatasi risiko yang timbul akibat hubungan kerja yang berdampak kepada ketenangan dan kenyamanan dalam bekerja.

Dia menambahkan, pembentukan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan juga sebagai komitmen terhadap misi BPJS-K yakni melindungi dan menyejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya, dan meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja, mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga