Pemkab Siapkan Rumah Adat Solo untuk Jokowi

Ternate, 17/10 (Antara Maluku) - Pemkab Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan rumah adat Solo di kawasan kebun karet untuk digunakan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Widi International Fishing Tournament pada 25 Oktober 2017.

"Sejumlah fasilitas untuk para tamu terus dibenahi pemerintah setempat, termasuk mendirikan rumah adat Solo untuk tempat Presiden Jokowi selama berada di Halsel," kata Kabag Humas Pemkab Halmahera Selatan Mujibur Rahman di Ternate, Senin.

Menurut dia, rumah adat Solo, yang menjadi tempat inap Presiden Jokowi berlokasi di kawasan kebun karet, dan warga berharap orang nomor satu di Indonesia itu juga menginap di rumah adat Bacan.

Pemkab Halsel juga memperkaya khasanah kekayaan budaya dan keanekaragaman Indonesoa yang dipromosikan di Halsel dekat dengan rumah adat Solo itu.

Presiden diharapkan menempati rumah adat Bacan agar dapat melihat dan sekalgus kelak mempromosikaan wisata dan budaya yang dimiliki masyarakat Halmahera Selatan.

"Jika presiden ikhlas mempromosikan budaya dan wisata Halmahera Selatan maka presiden harus tempati rumah adat Bacan yang sudah di siapkan, ini merupakan sebuah pengahargaan dan sejarah yang akan dikenang selama hidup dan tidak bisa dilupakan," kata Majibur.