Lomba Perahu Semang Ramaikan Pesta Teluk Ambon

Ambon (Antara Maluku) - Sedikitnya 48 orang peserta putri ambil bagian dalam lomba dayung perahu tradisional semang yang meramaikan Pesta Teluk di Ambon, Sabtu.

Pemantauan ANTARA di lokasi start di kawasan Rumahtiga Teluk Ambon, lomba dayung perahu semang ini menempuh rute dengan menyeberang Teluk Ambon dari start kawasan Rumatiga menuju Galala Sirimau, dengan jarak 250 meter. Lomba dibagi dalam dua babak yakni penyisihan dan final.

Koordinator Lomba, Chak Persunai, mengatakan perlombaan yang akan digelar ini diikuti oleh wanita saja dan setiap perahu terdiri dari dua orang pedayung.

Sedangkan sistem yang akan digunakan dalam lomba dayung ini yakni sistim gugur, dimana tiap seri diikuti oleh delapan perahu dan yang mencapai garis finis urutan satu hingga tiga itulah yang akan mengikuti final.

Dia menjelaskan, masyarakat yang mendaftar sebagai peserta kebanyakan berasal dari desa-desa nelayan yang ada di Pulau Ambon, sebab sifatnya umum.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari empat mata lomba yang sudah dipertandingkan dalam rangka Pesta Teluk Ambon yang sudah berlangsung sejak Jumat (30/9).

"Lomba arumbai manggurebe dan lomba mancing sudah berlangsung, Jumat (30/9) di lokasi wisata pantai negeri Amahusu, sedangkan renang berlangsung di Teluk Ambon," ujarnya.

Sedangkan acara penutupan dilakukan di lokasi Gong Perdamaian, dengan disi festifal musik Hawayend.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku, Florence Sahusilawane di Ambon, Sabtu, mengatakan tujuan dari penyelenggaraan Pesta Teluk tersebut untuk mempromosikan potensi pariwisata di Kota Ambon.