11 Fotografer Ternama Luncurkan "Indonesia A Surprise"

Jakarta (Antara Maluku) - Sebelas fotografer ternama, masing-masing Jay Subiakto, Kemal Jufri, Jez O'hare, Julian Sihombing, Yori Antar, Hermanus Prihatna, John Suryaatmadja, Riza Marlon, Ardiles Rante dan Oscar Motuloh meluncurkan buku berjudul "Indonesia A Surprise" di Jakarta, Jumat.

Buku yang berisi 119 foto tentang Indonesia dalam rangkaian berbeda tidak hanya mengenai keindahan alam tetapi juga sisi lain yang patut diketahui masyarakat. Selain itu, turut melengkapi buku ini 10 esai dan puisi dari Goenawan Mohamad.

"Indonesia tak terduga adalah sebuah buku mengenai dahsyatnya negeri Indonesia mulai dari keindahan, kerusakan hingga malapetaka yang menimpa. Banyak hal yang didapat dari buku ini," kata seorang fotografer yang turut serta dalam penerbitan buku itu, Jay Subiakto.

Buku ini, kata Jay, menampilkan Indonesia dalam bingkai keterkinian dimana tidak hanya menampilkan keindahan alam yang membuat dada penduduknya bangga tetapi juga ajakan perlindungan terhadap negeri oleh tangan-tangan penguasa nan rakus yang mengakibatkan kerusakan flora dan fauna.

"Kita harus bangga terhadap negeri kita karena kekayaan alam yang besar. Tapi juga negeri ini "fragile"( rapuh atau rawan, red)  sehingga perlu dilindungi," imbuh dia.

Melalui buku ini, ia juga mengajak generasi muda untuk lebih peduli. Tidak mengikuti jejak para penguasa yang hanya bisa mengeksploitasi dan mengabaikan kelestarian.

"Kita juga harus bangga dengan keberagaman dan harus menghargai keberagaman itu sendiri," imbuh dia lagi.

Bagi Jay, buku ini semakin lengkap dengan adanya prosa dan puisi dari seorang Goenawan Mohamad, sehingga pembaca bisa mengetahui perasaaan si fotografer.

Peluncuran buku ini juga disertai pembukaan pameran foto di Galeri Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang berlangsung mulai tanggal 21-28 Oktober. Selain itu juga dilakukan bedah buku pada hari akhir terakhir pameran.