Bintang Radio RRI Ambon Juara Harapan II

Ambon (Antara Maluku) - Peserta Bintang Radio Stasiun RRI Ambon yang lolos ke final dan mengikuti grand final tingkat nasional 2012 di Medan, Sumatera Utara, berhasil meraih Juara Harapan II.

"Julian Latuheru (20) meraih Juara Harapan II pada grand final pemilihan bintang radio tingkat nasional di Medan, Selasa (9/10) malam," kata Kepala Seksi Siaran RRI Ambon, Jopi Noya, di Ambon, Kamis.

RRI Ambon mengirimkan dua finalis pria dan wanita, yakni Julian Latuheru dan Nurul Toisuta (21) untuk mengikuti lomba pemilihan bintang radio tingkat nasional.

"Dua peserta kita yang  mengikuti babak penyisihan berhasil masuk 15 besar, dan yang maju ke grand final hanya peserta pria yakni Julian Latuheru," kata Noya.

Lomba pemilihan bintang radio tingkat nasional tahun ini diikuti 60 lebih Stasiun RRI seluruh Indonesia dengan mengikuti dua kategori mata lomba yakni Pop Hiburan dan Keroncong.

"Dua peserta dari RRI Ambon tidak mengikuti kategori keroncong sebab jenis lagu ini hanya diikuti oleh yang  mewakili Korwil. RRI Ambon masuk Korwil VII Makasar jadi peserta Korwil Makasar adalah RRI Palu membawakan lagu keroncong," jelas Noya.

Pemilihan bintang radio telah dilakukan sejak tahun 1950-an sampai sekarang dan setiap tahun terus dilakukan.

Menurut Noya, animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi, terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti pada saat audisi tingkat daerah, sehingga diharapkan kepada generasi muda di Kota Ambon khususnya dan Maluku umumnya, agar terus mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan seperti ini.

"Kami dari pihak penyelenggara RRI Ambon berharap generasi muda di daerah ini untuk menyiapkan diri dengan baik, karena tahun depan akan dilakukan lagi audisi pemilihan bintang radio tingkat daerah, dan yang keluar sebagai juara bisa mengikti lomba tingkat nasional di Jayapura," katanya.