Kafilah Ambon Siap Bertanding di MTQ Provinsi

Ambon (Antara Maluku) - Kafilah Kota Ambon dengan 19 peserta siap bertanding di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-25 tingkat Provinsi Maluku yang akan berlangsung di Kota Tual, 5-14 Mei 2013.

"Mereka akan mengikuti lima mata lomba yakni Tilawah, Hifdzil, hafalan, Khat atau Dekorasi,Fahmil dan Syahril Qur¿an," kata Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina di Ambon, Senin.

Sams, saat melepas kafilah Kota Ambon, mengatakan pelaksanaan MTQ bukan untuk mendapatkan juara atau sekadar mendengarkan merdunya lantunan ayat-ayat suci Al Quran.

"Pelaksanaan MTQ diharapkan dapat membentuk kepribadian muslim yang baik, karena memiliki kontribusi yang besar dalam membangun peradaban masyarakat yang toleran dan multikultur," katanya.

Menurut dia, MTQ merupakan momentum untuk membangkitkan spirit keagamaan dan penguatan kehidupan bertoleransi dalam masyarakat yang berbudaya, religius dan berlandaskan nilai pela gandong.

Ia berharap kafilah Kota Ambon dapat menunjukkan perilaku yang baik serta menjaga nama baik daerah pada pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut.          

"Menjadi juara bukan segalanya, yang penting kita dapat menjaga nama baik Kota Ambon dalam pelaksanaan MTQ melalui perilaku kita sesuai ajaran kitab suci Al Qur¿an," katanya.

Sam menambahkan, untuk mencapai prestasi maksimal maka kafilah Kota Ambon harus mampu menjaga kesehatan menjelang pelaksanaan MTQ.

"Saya yakin dengan kondisi fisik yang baik semua peserta dapat tampil dengan prima dan dapat memberikan kemampuan terbaik," katanya.

Sebanyak 19 orang kafilah Kota Ambon merupakan hasil seleksi dalam MTQ Kota Ambon yang dilaksanakan pada 27-30 Maret 2013.