Kapolda Prioritaskan Kamtibmas Jelang Pemilu 2014

Ternate (Antara  Maluku) - Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol Sobri Effendi Surya akan memprioritaskan mengerahkan personelnya di seluruh wilayah di Malut untuk menjaga kamtibmas pada pemilu legislatif 2014.

"Saya telah instuksikan kepada seluruh polres di kabupaten/kota untuk tetap menjaga kondisi kamtibmas di masing-masing wilayah, guna memberi rasa aman kepada masyarakat jelang pemilu legislatif nanti," katanya dalam acara silaturami antara Babinsa, Babinkamtibmas serta Pemkot (Kelurahan) yang digelar di aula Mapolres Ternate, Sabtu.

Kapolda mengatakan, pemilu legislative yang akan berlangsung pada April 2014 ini, diprediksi aka nada gesekan antar-pendukung, sehingga personel Polri akan didukung TNI untuk melakukan pengamanan ekstra ketat.

Di hadapan seluruh jajaran Babinsa, Babinkmtibmas maupun Lurah se-kota Ternate, Kapolda menyatakan,guna terciptanya kondisi yang kondusif semua pihak harus mendukung pemilu yang aman, jujur dan adil.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada pihak terkait, terutama pimpinan kelurahan untuk menggerakkan masyarakat untuk dapat memprioritaskan keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing, terutama untuk wilayah Kota Ternate.

"Menjelang pemilihan 2014, diharapkan kepada pihak terkait untuk lebih prioritaskan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat," katanya.

Selain itu, Kapolda mengatakan, pihak terkait agar dapat menciptakan sinerjitas di lingkup Masyarakat bagi Babinsa, Babinkmtibmas, dan Pemkot dalam hal ini untuk lingkup Kelurahan.

Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya konflik sosial dalam rangka terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif jelang pemilu 2014 maupun jelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan berlangsung di Kabupaten kepulauan Sula (Kepsul) dan Taliabu beberapa hari ke depan ini.

Kapolda meminta, kepada seluruh perangkat Kelurahan yang ada di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, untuk dapat aktif menjaga situasi di masing-masing tempat tugasnya, sebagaimana diharapkan oleh masyarakat umumnya dapat teratasi dengan baik.