BI Imbau Perbankan Gunakan CCTV

Pimpinan Bank Indonesia (BI) cabang Ambon mengimbau jajaran perbankan di kota Ambon dan Maluku mengunakan kamera "Closed Circuit Television" (CCTV) guna mengantisipasi aksi perampokan yang marak terjadi di sejumlah daerah akhir-akhir ini.

"Penempatan CCTV sangat membantu mengantisipasi berbagai aksi termasuk kasus perampokan dan lainnya yang dapat merugikan bank dan para nasabah," kata pimpinan Bank Indonesia Cabang Ambon, Achmad Bunyamin, di Ambon, Rabu.

Menurut Bunyamin, penempatan CCTV sangat penting guna merekam berbagai aktifitas di dalam maupun luar kantor bank, sekaligus mempermudah proses penyidikan aparat kepolisian jika suatu saat terjadi tindakan kriminal termasuk aksi perampokan.

"Kita tidak bisa memprediksikan kapan terjadi tindakan kriminal sehingga penting bagi semua bank untuk memasang CCTV," katanya.

Kendati belum ada kasus perampokan maupun pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM), di daerah ini, tetapi menurut Achmad Bunyamin, kewaspadaan dan pengamanan di semua bank perlu ditingkatkan sehingga memberi rasa aman bagi setiap nasabah maupun pegawai bank dalam melakukan aktivitasnya.

"Setiap bank bisa meminta pengamanan aparat kepolisian guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan terhadap aktivitasnya," ujarnya.

Dia menilai kota Ambon dan Maluku termasuk yang paling aman karena tidak ada kasus perampokan bank seperti yang terjadi di daerah lain di Indonesia.

"Memang Ambon tergolong aman dan belum pernah terjadi kasus perampokkan bank, tetapi tidak ada salahnya kewaspadaan terus ditingkatkan hingga kantor-kantor cabang yang ada di kabupaten/kota di Maluku," katanya.

Bunyamin juga mengimbau warga untuk mengantisipasi peredaran uang palsu, dan bila ditemukan ada pelaku pengedar uang palsu segera melapor kepada petugas keamanan terdekat.

"Dukungan masyarakat sangat kami harapkan untuk memberantas tindakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan berbagai cara untuk mengedar uang palsu," tandasnya.

Pihak perbankan di daerah ini juga diimbau menyiapkan loket khusus penukaran uang sehingga mempermudah masyarakat menukarkan uangnya untuk kebutuhan hari besar keagamaan termasuk Idul Firtri 1 syahwal 1431 Hijriah.